Wisata Air Terjun Tuwondo

Air Terjun Tuwondo Yogyakarta, Air Terjun Musiman di Kabupaten Bantul

Sekilas Mengenai Air Terjun Tuwondo Yogyakarta

Di Kabuten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta akhir-akhir ini sedang gencar dalam pengembangan wisata alamnya. Banyak tempat-tempat di Kabupaten Bantul yang menawarakan keindahan alamnya. Selain pantai, pengembangan wisata seperti air terjun dan desa wisata sedang dilakukan. Salah satu tempat yang mulai dikembangkan menjadi objek wisata berbasis pedesaan adala Air Terjun Tuwondo atau juga sering dikenal dengan istilah Grojogan Tuwondo. Kata ‘grojokan’ dalam Bahasa Jawa ini memiliki arti yang sama dengan air terjun.

Nama Air Terjun Tuwondo berasal dari kata dari kata ‘tu’ yang merupakan singkatan dari kata ‘watu‘ dalam bahasa Jawa berarti batu, lalu kata ‘ondo‘ yang memili arti tangga. Dua kata tersebtlah yang mejadi asa-usul nama Air Terjun Tuwondo, disebut demikian karena air terjun ini berupa air terjun bertingkat seperti tangga. Pada saat musim penghujan Air Terjun Tuwondo banyak dikunjungi orang, karena curah hujan akan membuat aliran air menjadi deras. Saat akhir pekan atau libur, Air Terjun Tuwondo akan ramai dikunjungi banyak orang.

Lokasi Air Terjun Tuwondo
Lokasi Air Terjun Tuwondo

Debit air yang mengalir di Air Terjun Tuwondo dipengaruhi oleh curah hujan, jika pada hari sebelumnya turun hujan maka debit air akan melimpah pada hari berikutnya. Sedangkan kebalikannya jika sedang tidak turun hujan, maka debit air akan menurun dan mengurangi keindahan Air Terjun Tuwondo. Apabila musim kemarau tiba, Air Terjun Tuwondo akan mengering. Oleh karena itu, pengunjung yang ingin berwisata ke lokasi air terjun ini disarankan untuk datang saat musim penghujan agar bisa melihat keindahan Air Terjun Tuwondo.

Sebelum dibuka menjadi kawasan wisata, Air Terjun Tuwondo dimanfaatkan oleh para warga sekitar untuk memandikan hewan ternak mereka. Namun setelah ini dijadikan sebagai kawasan wisatawan, demi kenyamanan wisatwan yang berkunjung air terjun ini murni hanya difungsikan sebagai tempat wisata yang kemudian dikelola bersama oleh masyarakat sekitar lokasi.

Pengunjung yang ikut dalam paket wisata jogja datang ke Air Terjun Tuwondo Yogyakarta, diharuskan memakirkan kendaraan di area parkir yang sudah disediakan oleh pengelola tempat wisata, lalu untuk mencapai lokasi air terjun, wisatawan harus berjalan kaki melalui jalan setapak yang kondisinya agak basah dan licin, untuk itu saat berjalan menyusuri jalan setapak ini, wisawatan dihimbau untuk berhati-hati. Tidak lama kemudian, wisatawan akan tiba di lokasi Air Terjun Tuwondo.

Dibandingkan dengan air terjun atau grojokan yang lain, air di Air Terjun Tuwondo berwarna sedikit keruh, karena membawa tanah merah kecoklatan yang berasal dari sekitar air terjun. Tanah inilah yang kemudian mengendap di dasar aliran air terjun, sehingga warna yang dipancarkan air di Air Terjun Tuwondo berwarna coklat. Tapi wisatawan tidak perlukkhawatir, karena kualitas air dari Air Terjun Tuwondo ini baik dan belum tercemar oleh polusi air.

Lokasi Air Terjun Tuwondo Yogyakarta

Lokasi Air Terjun Tuwondo ini terletak di Dusun Banyakan III, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Beberapa fasilitas tempat wisata yang telah dibangun oleh pengelola adalah area parkir, beberapa bangunan seperti warung penjual makanan dan minuman. Fasilitas pendukung lainnya yang sudah dibangun berupa akses jalan menuju lokasi Air Terjun Tuwondo.

Namun beberapa fasilitas penunjang lainnya masih dirasa kurang, seperti kamar mandi yang memadai, karena beum adanya penanganan secara profesional dari pemerintah setempat. Walaupun demikina, kawasan wisata Air Terjun Tuwondo ini jadi rekomendasi bagi yang gemar mengunjungi wisata alam karena pemandangan yang disuguhkannya, selain itu lokasi air terjun ini yang berada di pedasaan membuat lingkungan sekitar air terjun masih asri.

Rute Menuju Air Terjun Tuwondo Yogyakarta

Perjalanan menuju lokasi Air Terjun Tuwondo dalam paket wisata jogja 2 hari 1 malam membutuhkan waktu sekitar 40 menit atau lebih dari pusat Kota Yogyakarta, dengan jarak tempuh 15 km. Wisatawan yang berasal dari Malioboro dapat melalui Jalan Brigjen Katamso, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Imogiri Barat lalu menuju Jalan Ringroad Timur dan Jalan Monumen Perjuangan di Bangun Tapan. Setelah itu mengendarai kendaraan menyusuri Jalan Sitimulyo Segoroyoso menuju Sitimulso, kurnag lebih dalam waktu 5 menit, wisatawan akan tiba di kawasan wisata Air Terjun Tuwondo.

Tiket Masuk Air Terjun Tuwondo
Tiket Masuk Air Terjun Tuwondo

Untuk menuju lokasi, wisatwan disarankan untuk menggunakan sepeda motor, karena lokasinya yang sedikit susah dilalui untuk kendaraan beroda 4. Tidak banyak papan petunjuk arah yang tersedia di sepanjang jalan menuju lokasi, apabila kesulitan menemukan jalan, wisatawan disarankan untuk bertanya kepada penduduk sekitar.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tuwondo Yogyakarta

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Air Terjun Tuwondo, tidak akan dikenakan biaya tiket masuk karena harga tiket masuk air terjuntuwondo masih gratis. Namun , wisawatan tetap harus membayar biaya parkir kendaraan, untuk sepeda motor akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000. Untuk pemesanan promo liburan murah ke jogja bisa ke nagantour yang pastinya murah dan fasilitasnya terbaik.

Wisata Air Terjun Lainnya

Wisata Air Terjun Seribu Batu Imogiri Bantul Yogya... Air Terjun Unik dengan Pemandangan Bebatuan Besar di Kabupaten Bantul Sekilas Mengenai Air Terjun Seribu Batu Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogy...
Lokasi, Tiket Masuk Umbul Ponggok Klaten Terbaru Tempat Seru Untuk Snorkeling di Umbul Ponggok Klaten Salah satu tempat wisata di Jogja yang paling terkenal adalah wisata airnya. Dengan banyaknya de...
Wisata Air Terjun Sri Gethuk | Rute, Lokasi, Fasil... Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta, Air Terjun yang Menawarkan Berbagai Macam Aktifitas Bermain Air di Kabupaten Gunung Kidul Sekilas Mengenai Air Terj...

About the Author: Yuken

Senang menulis tentang wisata yang ada di jogja terutama wisata air terjun di jogja yang indah dan menawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.