Wisata Air Terjun Seribu Batu

Wisata Air Terjun Seribu Batu Imogiri Bantul Yogyakarta

Air Terjun Unik dengan Pemandangan Bebatuan Besar di Kabupaten Bantul

Sekilas Mengenai Air Terjun Seribu Batu

Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta tidak sedikit dalam menyuguhkan keindahan alamnya. Akhir-akhir ini baru saja dibuka tempat wisata air terjun di daerah Imogiri, tempat yang terkenal dengan makam-makam mendiang raja Kerajaan Majapahit. Ari terjun tersebut dinamakan Air Terjun Seribu Batu. Ada yang mengatakan jika bebatuan yang terletak di sepanjang aliran sungai yang mengalir pada Air Terjun Seribu Batu berasal dari letusan Gunung Api Purba Nglanggeran beberapa juta tahun yang lalu. Jumlah bebatuan yang banyak dan susah untuk dihitung ini yang membuat orang menamai air terjun di kawasan Imogiri ini dengan nama Air Terjun Seribu Batu.

Paket wisata jogja ke wisata jogja Air Terjun Seribu Batu ini kalau di ukur dari bawak memiliki ketinggian sekitar 5-8 meter atau sama dengan air terjun Kedung Panas yang sama terletak di kecamatan Imogiri. Tidak seperti beberapa air terjun yang sifatnya musiman, aliran air dari Air Terjun Seribu Batu mengalir sepanjang tahun dengan debit air yang rendah. Walaupun demikian, wisatawan yang ingin berkunjung ke Air Terjun Seribu Batu disarankan untuk datang pada saat musim penghujan agar bisa melihat pemandangan air terjun yang deras.

Rute Air Terjun Seribu Batu
Rute Air Terjun Seribu Batu

Kolam di bawah aliran Air Terjun Seribu Batu ini memiliki kedalam sekitar 1 meter, jadi aman untuk yang ingin bermain air dan berenang. Hal lain yang bisa dinikmati saat berkunjung ke air terjun ini adalah lokasi yang masih alami dan belum adanya bangunan buatan di sekitar lokasi, seperti batuan yang berada di sekitar air terjun terbentuk karena proses alami dari gerusan air yang mengalir secara terus menerus dan mengikis batuan. Agar lingkungan sekitar kawasan Air Terjun Seribu Batu tetap alami dan bersih, wisatawan yang berkunjung dihimbau agar tidak membuang sampah sembarangan.

Wisawatan juga bisa berfoto di sekitar kawasan Air Terjun Seribu dengan bebatuan besar sebagai latar belakang foto. Dibandingan dengan beberapa air terjun lainnya yang ada di Kabupaten Bantul, ada kepercayaan yang berkembang di sekitar masyarakat sekitar lokasi tersebut, yaitu air yang mengalir dari air terjun ini dipercayai mempunyai beberapa manfaat, seperti untuk yang ingin terlihat awet muda atau yang ingin tetap memiliki hubungan yang harmonis dengan pasangan.

Lokasi Air Terjun Seribu Batu

Lokasi Air Terjun Seribu Imogiri Bantul di Desa Wisata Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat berkunjung ke Air Terjun Seribu Batu, wisatawan juga bisa sekaligus berkunjung ke beberapa kawasan wisata yang masih berada dalam satu tempat, yaitu ziarah ke makam-makam mendiang raja Kerajaan Majapahit atau yang sering disebut dengan makam imogiri, karena lokasi air terjun ini berada di kawasan perbukitan belakang Makam Sunan Cirebon (Pesarean Giriloyo). Selain itu wisatawan juga bisa berkunjung ke sentra kerajinan baitk tulis yang masih berada dalam satu desa.

Rute Air Terjun Seribu Batu

Bagi wisatawan yang berasal dari pusat Kota Yogyakarta dalam destinasi paket wisata jogja 2 hari 1 malam yang ingin berkunjung ke lokasi Air Terjun Seribu Batu harus menempuh jarak 18 km. Untuk rute Air Terjun Seribu Batu Wisawatan bisa melalui Jalan Imogiri Barat lalu melanjutkan perjalanan ke Jalan Pramuka di Wukirsari, Jalan Giriloyo dan Jalan Batik Sekar Kedathon, dari jalan tersebut, wisatawan harus memasuki pemukiman warga untuk mencapai lokasi wisata.

Sepanjang perjalanan, papan petunjuk arah menuju Air Terjun Seribu Batu ini sangat minim. Pengunjung dapat berpatok pada lokasi desa wisata Wukirsari Imogiri kemudian mengikuti satu-satunya jalan hingga ujung jalan. Jika ragu, setibanya di Desa Wisata Wukirsari, wisatawan bisa bertanya kepada warga sekitar desa tersebut.

Lokasi Air Terjun Seribu Batu
Lokasi Air Terjun Seribu Batu

Perjalanan menuju ke lokasi Air Terjun Seribu Batu dapat ditempuh baik menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Di sepanjang jalan menuju lokasi Air Terjun Seribu Batu tidak dilewati oleh kendaraan umum, kecuali ojek. Bagi wisatawan yang membawa mobil harus memarkirkan kendaraannya di area parkir Makan Sunan Cirebon, karena jalannya yang sulit dilalui mobil. Sedangkan bagi yang membawa sepeda motor bisa meneruskan perjalannya melalui jalan sempit menuju lokasi Air Terjun Seribu Batu yang berada di perkampungan warga. Sesampainya di ujung jalan, wisatawan bisa memarkirkan kendaraannya di pemukiman warga yang sudah disediakan sebagai area parkir sepeda motor.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Seribu Batu

Tidak ada harga tiket masuk air terjun seribu batu yang dibebankan kepada wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi Air Terjun Seribu Batu. Namun harus tetap membayar biaya parkir, untuk sepeda motor pengunjung harus membayar Rp. 2.000, sedangkan untuk mobil akan dibebankan biaya parkir Rp. 5.000. Apabila wisatawan ingin jalan jalan ke wisata air terjun yang ada di jogja bisa langsung konsultasikan paket liburan anda ke niagatour untuk mendapatkan harga promo serta itinerary perjalanan wisata yang asik dan mengesankan.

Wisata Air Terjun Lainnya

Air Terjun Tuwondo Yogyakarta, Air Terjun Musiman ... Sekilas Mengenai Air Terjun Tuwondo Yogyakarta Di Kabuten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta akhir-akhir ini sedang gencar dalam pengembangan wisata ...
Wisata Air Terjun Sri Gethuk | Rute, Lokasi, Fasil... Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta, Air Terjun yang Menawarkan Berbagai Macam Aktifitas Bermain Air di Kabupaten Gunung Kidul Sekilas Mengenai Air Terj...
Lokasi, Tiket Masuk Umbul Ponggok Klaten Terbaru Tempat Seru Untuk Snorkeling di Umbul Ponggok Klaten Salah satu tempat wisata di Jogja yang paling terkenal adalah wisata airnya. Dengan banyaknya de...

About the Author: Yuken

Senang menulis tentang wisata yang ada di jogja terutama wisata air terjun di jogja yang indah dan menawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.